SELAMAT DATANG SEMUANYA DI BLOG UNTUK SEMUA KALANGAN YANG MENYEDIAKAN BERITA TERBARU, DOWNLOAD SOFTWARE, FILM TERBARU, GOSIP ARTIS, BERITA PENDIDIKAN, DAN SEMUA MEDIA TERBARU

1001 Goa Pacitan, Wahana Wisata Jawa Timur

Pacitan merupakan kota yang memiliki pesona alam yang sangat indah, kota yang berada di ujung selatan propinsi Jawa Timur. Kota kecil yang masih kental dengan nuansa alamnya, pemandangannya pun masih terasa alami nan asri. Sebagian besar wilayah pacitan merupakan daerah pegunungan kapur. Indahnya pengunungan yang berada di Pacitan memang menjadi daya tarik sendiri dalam hal kepariwisataan. Tak heran jika banyak ditemukan Goa-goa di wilayah Pacitan. Sebut saja Goa Gong, Goa Tabuhan, Goa Putri dan masih banyak lagi sehingga Pacitan mendapatkan julukan kota 1001 Goa. Memang sih jumlah Goa nya tak sebanyak itu, tetapi banyak peneliti yang menduga bahwa masih banyak Goa di Pacitan yang masih belum ditemukan.
Selain tempat wisata Goa, Pacitan juga memiliki wahana wisata pantai yang indah, seperti Pantai Teleng Ria, Pantai Srau, Pantai Klayar, Pantai Tamperan, Pantai Sidomulyo, Pantai Watu karung dan masih banyak lagi. Tak jauh dari pusat kota tepatnya di Kecamatan Arjosari ± 15 Km arah selatan terdapat pemandian air hangat yang sangat bermanfaat bagi kesehatanl.

..........Objek Wisata..........

1. Goa Gong
Goa dengan stalagtit dan stalagmit yang konon terindah se Asia Tenggara mempunyai kedalaman kurang lebih 256 m, selain itu mempunyai 5 sendang yaitu Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, sendang Kamulyan, dan sendang Ralung Nisto yang kono memiliki nilai magis untuk menyembuhkan penyakit. Keindahan Stalagnit dan stalagmitnya sangat memukau diabadikan dengan nama Selo Cengger Bumi, Selo Gerbang Giri, Selo Citro Cipto Agung, Selo Pakuan Bomo, Selo Adi Citro Buwono, Selo Bantaran Angin dan Selo Susuh Angin.
Goa ini terletak 30 Km arah barat kotak Pacitan tepatnya desa bomo kecamatan Punung dan dapat dengan mudah dijangkau dengan segala jenis kendaraan.
Fasilitas yang tersedia adalah souvenir, rumah makan, Tempat Parkir, MCK, Musholla.
2. Goa Tabuhan
Dinamakan Goa Tabuhan karena stalagtit dan stalagmitnya pesinden atau waranggono. Dengan keunikannya tersebut Goa ini telah dikenal luas, hingga saat ini pun juga masih banyak dinikmati wisatawan maupun seniman untuk ajang pentas seni. Gua ini terletak di desa Wareng kecamatan Punung kurang lebih 40 km dari pusat kota Pacitan ke arah barat.
Fasilitas yang ada seperti Musholla dan souvenir (Aneka produk batu Mulia/Akik).
3. Pantai Teleng Ria
Pantai ini menghadap ke Pantai Selatan dengan hamparan Pasir Putih sepanjang kurang lebih 3 Km. Jarak dari Ibukota Kabupaten ke lokasi wisata hanya 3,5 Km, dan dapat dengan mudah dicapai dengan berbagai jeniss kendaraan.
Berbagai sarana yang telah dibangun antaara lain adanya Gardu Pandangn untuk menikmati desiran ombak laut selatan, Kolam Renang dan arena Bermain Anak-anak, Penginapan Serba Guna Bonggo Budoyo dan areal Perkemahan, arena Pemancingan, dan makanan khas Pacitan.
Selain itu, disamping pantai ini telah dibangun pelabuhan yang digunakan juga untuk Tempat Pendaratan Ikan (TPI) bagi para penangkap ikan sehingga pengunjung dapat membeli ikan segar.
4. Pantai Srau
PantaiSrau berada di wilayah kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan, yang jaraknyaa kurang lebih 25 Km ke arah barat kota Pacitan, dapat dilalui dengan kendaraan umum dan pribadi.
Pantai yang berpasir putih nan bersih ini masih terlihat sangat alami sangat cocok untuk kegiatan arena pancing samudra.
5. Pantai Klayar
Pantai Klayar berada di wilayah kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan, yang jaraknya kurang lebih 35 Km ke arah barat kota Pacitan. Pantai berpasir putih ini memiliki suatu keistimewaan yaitu adanya seruling laut yang sesekali bersiul di antara celah batu karang dan semburan ombak.
Di samping itu juga terdapat Air Mancur Alami yang sangat Indah. Air mancur ini terjadi karena tekanan ombak airu laut yang menerpa tebing karang berongga. Air muncrat yang dapat mencapai ketinggian 10 meter menghasilkan gerimis dan embun air laut yang diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda.
6. Pantai Sidomulyo
Pantai ini terletak di desa Sidomulyo kecamatan Ngadirajo yang berjarak 50 Km dari Ibu kota Kabupaten dan dapat dijangkau dengan segala jenis kendaraaan. Pantai dengan pasir putihnya menghadap ke pantai selatan yang panjangnya 2 Km.
7. Pemandian Air Panas
Mata air yang masih menyimpan berbagai khasiat dan manfaat utamanya bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Pemandian air panas ini diberi nama “ Tirto Husodo “ dan saat ini telah dibangun dua tempat berendam, dua buah kolam renang dan tempat Penginapan. Aksesibilitas ke obyek wisata ini relatif mudah, dapat dicapai dengan kendaraan roda empat dengan kondisi jalan baik, kurang lebih 15 Km dari Kota Pacitan, tepatnya di kecamatan Arjosari.


Nah bagi anda yang datang ke kota Pacitan tidak ada salahnya jika anda sejenak untuk mendatangi tempat-tempat wisata yang ada di Pacitan. Selain tempat wisatanya bagus, pemandangannya pun juga masih terasa alami. Jadi jika anda sudah berada di Pacitan, rugi deh jika anda tidak mendatangi tempat-tempat wisata yang ada di Pacitan.

Postingan Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar